Jabung, Kabupaten Malang

Jabung, Kabupaten Malang

Jabung merupakan salah satu Kecamatan yang berada di bagian timur Kabupaten Malang. Secara administratif, Kecamatan Jabung dikelilingi oleh kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Malang. Di sebelah utara, Kelurahan Jabung berbatasan langsung dengan Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Sedangkan di sebelah timur, kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Tumpang. Di sebelah selatan, Kecamatan Jabung berbatasan dengan Kecamatan Pakis. Lalu, di sebelah barat, Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Singosari.   

 Berdasarkan laman resminya, Jabung memiliki luas wilayah 13.568,55 km2. Kecamatan ini terletak pada ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Suhu udaranya berkisar antara 30 hingga 32 derajat Celsius. Sedangkan, curah hujannya mencapai 350 mm per tahun. Kecamatan Jabung memiliki jumlah penduduk sebanyak 72.063 jiwa. Di kecamatan ini terdapat sarana pendidikan berupa 35 buah Taman Kanak-kanak (TK), 34 buah Sekolah Dasar (SD), 5 buah SMP, 3 buah SMA. Kemudian untuk sarana ibadah, terdapat 310 buah masjid dan mushola, dan 2 buah gereja. Untuk sarana kesehatan, di Jabung terdapat 3 Puskesmas bantu, 15 buah Polindes. Mayoritas masyarakat Desa Jabung bermata pencahariaan sebagai petani, buruh, pegawai swasta, dan pegawai negeri.

 Karena wilayahnya yang berada di daerah kabupaten di Kecamatan Jabung tersebar banyak coban yang dijadikan sebagai objek wisata. Coban Jahe, Coban Siuk, Coban Indrokilo, Coban Jodo adalah beberapa nama coban yang ada di Kecamatan Jabung. Selain itu, berdasarkan kondisi geografis Desa Jabung yang berdekatan dengan Kecamatan Tutur (Pasuruan) jalur lalu lintas Desa Jabung juga menjadi salah satu alternatif jalan menuju Tempat wisata Gunung Bromo. Berdasarkan sejarahnya Kecamatan Jabung tidak lepas dari perkembangan tari topeng malangan yaitu Wayang Topeng Orang tepatnya Topeng Panji.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jabung, Kabupaten Malang"

Posting Komentar